Menggugat Ketuhanan Yesus

Baik pemeluk agama Kristen maupun Islam, dalam aktivitas pendalaman agama masing-masing, akan menemui isu krusial mengenai figur Isa atau Yesus. Mayoritas orang Kristen menuhankan Yesus, sementara orang Islam menyatakan bahwa ia hanyalah seorang nabi Allah yang terpelihara dari segala kesalahan. Doktrin Trinitas menyatakan bahwa tiga unsur yang berbeda dalam ketuhanan adalah Tuhan.(1) Secara khusus, Yesus dikatakan sebagai 'Tuhan Anak' atau ?Anak Tuhan?. Ketika orang Islam mempertanyakan kejelasan teologi ini, biasanya orang Kristen menjawabnya dengan memberikan penjelasan umum tentang perbedaan antara Islam dan Kristen. Mereka mengatakan bahwa orang Islam tidak memahami Trintas secara utuh, dan bahwa umat Islam telah menuduh orang Kristen sebagai penganut bid'ah.

Dalam usahanya mencari jawaban yang jelas tentang ajaran tersebut, orang Islam selalu bertanya, "Bagaimana mungkin Trinitas itu bisa mewujud ?" Pada umumnya, orang Kristen tetap bersikeras bahwa istilah 'Anak Tuhan' tidak bisa diterjemahkan secara harfiah. Sekalipun 'Anak' dan 'sifat ketuhanan' merupakan atribuat yang penting, seiring dengan itu, keduanya pun saling berbeda. Yang pertama (anak) menggambarkan recipient (penerima) kehidupan, sedangkan yang kedua (sifat ketuhanan) menggambarkan Dia yang tidak membutuhkan kehidupan dari siapa pun. Jadi terlihat adanya dua prinsip yang pada hakikatnya memiliki konsekuensi sendiri-sendiri. Dapat ditegaskan, jika sesuatu menjadi ?Anak?, maka dia bukanlah 'Tuhan' dan Tuhan bukanlah anak seseorang. (watch the Trinity : Explained)

Terhadap masalah tersebut, orang Kristen membela diri dengan berkata, "Masalah ini tidak dapat sepenuhnya kami pahami." Sesungguhnya tanggapan seperti itu merupakan suatu bentuk pengakuan akan lemahnya dasar argumentasi mereka. Pada akhirnya ini memaksa mereka berusaha menciptakan taktik lain untuk menjelaskannya.

Orang Kristen mengeluh bahwa Islam menolak untuk menerima sesuatu yang tidak mereka pahami. Namun, sebenarnya mereka hany berusaha mengalihkan perhatian. Dalam kaitan ini, konsep verifikasi (pembuktian) dan pemahaman bisa dijadikan ilustrasi. Misalnya, suatu reaksi kimi bisa diverifikasi (dibuktikan), akan tetapi atom tidak bisa dipahami dengan cara yang sama. Sejumlah fakta bisa didaftarkan tetapi tidak selalu bisa dijelaskan. Perbedaan inilah yang menjadi kunci sanggahan umat Islam dalam usaha meluruskan penyimpangan.

Permasalahan pokok kita telah mendasar daripada sekadar memecahkan keganjilan doktrin Trinitas. Kita tidak mempertanyakan bagaimana Trinitas itu, tetapi mengapa ia harus ada. Kita mempertanyakan, "Mengapa Yesus harus menjadi Tuhan?" Bisakah kita menguji konsep ini.

Posisi Muslim
Beberapa abad yang lalu, para filosof Eropa secara umum merumuskan bahwa suatu dugaan menjadi terbukti apabila telah memenuhi tuntutan yang dibuat oleh Aristoteles dalam usahanya menemukan kebenaran. Demikian pula, kita menyandarkan alasan pembenaran Trinitas pada apa yang dikatakan orang-orang mengenai Yesus tidak dapat diandalkan keabsahannya.

Tujuan kita disini hanyalah menggambarkan betapa keimanan Kristen kepada Trinitas hanya didasarkan pada penafsiran Gereja. Sejumlah orang Kristen mengakui hal ini, sedangkan yang lain menyatakan dengan tegas bahwa ajaran Trinitas langsung berasal dari Yesus. "Silahkan mereka menunjukkan bukti-bukti mereka", adalah anjuran yang berulang kali dikemukakan al-Qur'an. Maksudnya, tunjukkan bukti bahwa Yesus mengklaim dirinya sebagai Tuhan yang sempurna. Sebagaimana dinyatakan dalam al-Qur'an QS 21:24. jika bukti tersebut ternyata tidak bisa ditunjukkan, berarti penafsiran Gereja diragukan.

Orang Kristen tidak dapat mengelak dari pertanyaan orang Islam mengenai dasar keyakinan mereka. Orang Kristen tidak mempunyai landasan argumentasi untuk mempertahankan posisi yang tidak logis itu, kecuali jika ia cukup puas dengan semata-mata mengandalkan pendapat Gereja dan orang lain. Jika mereka tidak menggali lebih dalam, berarti dialog Islam-Kristen sudah selesai dengan ?kekalahan? dipihak Kristen.

Orang Kristen sering kali menunjukkan bukti-bukti tentang ucapan Yesus berdasarkan bahan-bahan yang tertulis didalam alkitab semata-mata. Sehubungan dengan ini, al-Qur'an menyatakan:
"Katakanlah: "Hai Ahli Kitab, kamu tidak dipandang beragama sedikitpun hingga kamu menegakkan ajaran-ajaran Taurat, Injil, dan Al Quran yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu." (QS Al Maidah 68)

Orang kristen diminta mendukung pernyataan dengan mengambil sumber kitab sucinya. Orang Islam percaya bahwa tidak ada satu ucapan Yesus yang bisa digunakan sebagai bukti yang menunjukkan bahwa ia mempunyai kedudukan yang setara dengan Tuhan. Dengan demikiam, isu yang sebenarnya 'bukan Yesus itu Tuhan atau bukan', melainkan '
Manakah ucapan Yesus yang menyatakan bahwa ia setara dengan Tuhan?'

Metodelogi Pembahasan
Teks tertulis Alkitab merujuk kepada ucapan-ucapan Yesus yang sangat sedikit. Dan tidak ada satu pun dari teks asli tersebut yang menyatakan ketuhanannya. Semua pernyataan Yesus tentang hal tersebut bersifat implisit dan memerlukan penafsiran. Kita dihadapkan pada apa yang dikatakan Yesus, lalu harus menafsirkan apa yang dimaksudkan dengan ucapan tersebut. Sehubungan dengan hal ini, metodelogi pembahasan yang akan kita gunakan sangat sederhana.

Bukanlah keinginan atau keharusan bagi kita untuk menafsirkan kembali alkitab, kita hanya melakukan pembuktian bahwa interpretasi Kristen tidak memadai, mendua, bahkan mustahil. Argumentasi kita sebagai berikut:

Sungguhpun arti suatu pernyataan dianggap jelas, ia belum bisa dijadikan bukti bahwa Yesus mengklaim diri mempunyai kedudukan yang setara dengan Tuhan.
Pernyataan-pernyataan lain yang disebutkan masih terbuka terhadap berbagai penafsiran, atau sifatnya mendua.

Masih banyak pernyataan lain yang ditafsirkan tidak sebagaimana mestinya.

Artinya, bukti-bukti tentang ketuhanan Yesus adalah tidak mencukupi, tidak meyakinkan, dan tidak dapat diterima.

Bukti Yang Tidak Memadai
Yesus lahir dalam keadaan suci. Orang Kristen sering menyebut berbagai keajaiban yang ditunjukkannya sebagai bukti ketuhanannya. Jelas, dasar pemikiran ini lemah. Di dalam Alkitab dikisahkan penciptaan Adam tanpa ayah dan ibu, juga tentang mukjizat Nabi Elisa (Kejadian; 2 Raja-raja 4,5,6). Meskipun kedua nabi tersebut secara umum memiliki kualifikasi yang sama dengan Yesus, tidak ada seorang Kristen pun yang menuhankannya.

Beberapa orang Kristen bertahan pada pandangan bahwa Yesus adalah Tuhan karena kitab-kitab Yahudi telah meramalkan kedatangannya. Namun, pendapat ini pun lemah karena kitab-kitab Yahudi juga disebut-sebut telah meramalkan peranan Yohanes Sang Pembaptis (Maleakhi pasal 4).

Kami kemukakan tiga argumentasi lebih dahulu untuk menunjukkan bahwa klaim Kristen secara sengaja melupakan bagian tertentu kitab suci. Mereka mengetahui fakta kesucian kelahiran Yesus sebagaimana mereka juga mengetahui asal-usul Adam. Mereka memberikan penafsiran yang bersifat ketuhanan pada yang pertama (Yesus), tetapi mengabaikannya pada yang kedua (Adam).

Sekarang kita ajukan pertanyaan. Adakah didalam alkitab pernyataan Yesus yang mengklaim dirinya sebagai Tuhan ? Didalam teks Alkitab, Yesus menggunakan istilah ?anak manusia?, ?anak Tuhan?, ?mesias?, dan ?saviour? (juru selamat), namun istilah-istilah tersebut juga digunakan untuk merujuk orang-orang selain dia. Misalnya, Yehezkiel disebut sebagai ?anak manusia? (Yehezkiel 3:1). Selain itu, Yesus menyebut para pembawa kedamaian sebagai ?anak-anak Tuhan? (Matius 5:9). Cyrus (Koresy), raja Persia disebut mesias (Yesaya 45:1). Sikap mendua para penerjemah Alkitab terlihat dengan diterjemahkannya kata ?mesias? yang tidak menunjuk kepada Yesus sebagai ?yang diurapi?. Sedangkan ayat-ayat Alkitab yang merujuk kepada Yesus, mereka terjemahkan dengan ?mesias? atau padanan kata Yunani yakni ?Christ? (Kristus). Dengan cara ini mereka berusaha memberi kesan bahwa hanya ada satu mesias. Untuk orang selain Yesus, mereka menggunakan kata ?saviour? (penolong), seperti yang tercantum dalam 2 Raja-raja 13:5. Disamping itu, orang Kristen sering menunjuk Yesaya pasal 43 sebagai bukti hanya ada satu juru selamat.

Lebih jauh lagi, para penerjemah berusaha mengaburkan fakta bahwa Tuhan adalah satu-satunya penyelamat dalam pengertian bahwa Dia adalah satu-satunya pemberi rezeki dan pelindung kita, meskipun dalam pengertian yang berbeda-beda, tugas-tugas seperti itu bisa juga dikenakan kepada manusia biasa. Dengan bersandar pada pernyataan didalam Yesaya itu, para penerjemah Alkitab mengharapkan kita percaya bahwa Tuhan juga sama dengan juru selamat sehingga Yesus sama dengan Tuhan.

Persekongkolan jahat dalam aktivitas penerjemahan Bible dapat dibuktikan dengan mudah. Alkitab King James Version (KJV) yang terbit tahun 1611 tersebar secara luas. Bandingkan Alkitab tersebut dengan revisi Alkitab yang lebih akhir, misalnya New American Bible. Pada Alkitab KJV, kitab 2 Raja-rajha 13:5 kita dapatkan kata saviour. Namun demkian, kata saviours (bentuk jamak dari saviour ) dapat dijumpai dalam Obaja 21 dan Nehemia 9:27. Kasus ini sekali lagi membuktikan bahwa konotasi ketuhanan yang dikaitkan dengan saviour dipertahankan oleh versi terjemahan Alkitab modern, meskipun melalui penerjemahan yang kurang jujur.

Sekali lagi kita melihat pola pembenaran yang lemah. Ternyata bahwa istilah-istilah yang dikatakan ?mengandung konotasi ketuhanan? itu juga digunakan untuk orang-orang selain Yesus.

Ada pernyataan lain yang dapat disebutkan disini. Dalam Yohanes 8:58 dikatakan "Sebelum Abraham jadi, Aku ada." Seandainya Yesus bermaksud - dengan kata-kata tersebut - mengklaim ia telah hidup sebelum Abraham, apakah itu merupakan alasan yang cukup kuat untuk menyatakan bahwa ia adalah Tuhan ? Bahwa Yesus hidup di Surga kemudian turun ke bumi merupakan suatu peristiwa yang luar biasa, tetapi hal itu tidak cukup untuk menetapkan dia sebagai ?Tuhan yang turun ke bumi?.

Selain itu harus dicatat bahwa teks Alkitab diatas sangat terbuka terhadap berbagai penafsiran. Orang Kristen mungkin tidak menyangka bahwa nabi Yeremia juga telah mengalami kehidupan sebelum manusia (Yeremia 1:5). Seharusnya, mereka menafsirkan pernyataan didalam Yeremia sama ketika mereka menafisirkan Yohanes 8:58, yaitu secara harfiah. Namun, mengapa mereka tidak menerapkan pemahaman yang sama ?

Bukti Yang Mendua
Sejumlah sarjana Kristen menegaskan bahwa sudah selayaknya Yesus mendapatkan predikat Tuhan. Dalam Keluaran pasal 3 dikatakan bahwa Tuhan berkata kepada Musa, "I am what I am" (Aku adalah Aku), sebagaimana hampir semua Alkitab berbahasa Inggris menerjemahkannya dari naskah berbahasa Ibrani. Didalam Yohanes 8:58 Yesus mengatakan, "Before Abraham was, I am" (sebelum Abraham jadi, Aku ada) yang merupakan terjemahan Alkitab bahasa Inggris dari naskah Yunani. Disinilah terlihat kecurangan lainnya. Asal naskah yang pertama (keluaran pasal 3) adalah berbahasa Ibrani, sedangkan yang naskah yang kedua (Yohanes 8:58) adalah berbahasa Yunani.

Semua sabda Yesus, kecuali sedikit diantaranya tercatat dalam bahasa Yunani. Kira-kira sekitar 200 tahun sebelum masa Yesus, orang Yahudi memakai terjemahan Yunani untuk kitab-kitab suci mereka, Septuaginta. Mereka menerjemahkan kata I am (aku) dalam Keluaran dengan Ho On. Sementara itu, sabda Yesus I am didalam Yohanes 8:58 diterjemahkan kedalam bahasa Yunani dengan Ego Eimi. Jika pengarang Yohanes 8:58 bermaksud bertutur kepada orang-orang berbahasa asli Yunani bahwa Yesus identik dengan Tuhan, maka seharusnya ia menggunakan kata-kata yang sudah lazim didalam Septuaginta untuk menyatakannya. Jika tidak, maka maksud pokoknya akan hilang. Kesimpulannya adalah Yohanes 8:58 merupakan bukti yang tidak meyakinkan.

Ada kata Yunani lain yang patut dibicarakan. Didalam Yohanes 10:30 Yesus mengatakan "Aku dan Bapa adalah satu". Bahasa Yunani menerjemahksan satu dengan Hen. Beberapa sarjana Kristen menegaskan bahwa satu-satunya pemahaman yang mungkin dari kata tersebut adalah "satu esensi dalam wujud". Namun, pernyataan itu tidak berdasar. Satu contoh untuk membantahnya sudah cukup. Kata-kata yang sama dipakai oleh Yesus didalam Yohanes 17:11,21,22,23 menunjukkan bahwa dia dan murid-muridnya berada didalam satu kesatuan.

Kalimat lain yang sering dikemukakan oleh kalangan Kristen adalah apa yang dikatakan sebagai pernyataan Yesus didalam kitab Yohanes 3:16,
"Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal" Orang Kristen mengatakan bahwa kata 'tunggal' dalam ayat itu secara khusus mengacu kepada Yesus, bukan 'anak-anak Tuhan' yang lain. Ini juga menunjukkan sikap mereka yang tidak konsisten, sebab kata 'tunggal' juga terdapat dalam Ibrani 11:17, padahal ia mengacu kepada Ishak. Sedangkan Alkitab mencatat kakaknya Ishak bernama Ismael hidup lebih lama dari ayahnya (Kejadian 25:9). Dengan demikian Ishak tidak pernah secara tegas mengatakan dirinya sebagai anak tunggal Abraham. Sadar akan kejanggalan ini, Sarjana Kristen tidak menafsirkan kata tersebut secara harfiah. Namun, mengapa hal itu tidak mereka terapkan juga pada Yohanes 3:16 ? Sekali lagi sikap mendua ini membuktikan bahwa Yohanes 3:!6 adalah bukti yang tidak meyakinkan.

Diakui atau tidak, istilah 'Bapa' yang dipakai Yesus ketika ia berbicara dengan Tuhan juga menimbulkan kontroversi. Tetapi pada kesempatan ini, kami sekadar ingin menunjukkan bahwa penggunaan istilah tersebut oleh Yesus bukanlah bukti yang meyakinkan bahwa Tuhan adalah Bapa dari Yesus.

Semua orang Kristen memakai kata 'Bapa' ketika menyebut Tuhan. Bahkan orang Yahudi pun memakai istilah itu (Yohanes 8:41). Selain itu, Yesus berkata, "Iblislah yang menjadi Bapa mu ?" (Yohanes 8:44). Tentu saja yang dimaksudkan disini bukanlah pengertian 'Bapa' secara literal.

Sarjana Kristen lain menggunakan Markus 14:36 (yang didalamnya Yesus menggunakan kata Abba untuk Bapa) sebagai landasan argumentasi. Menurut mereka, penggunaan kata Abba menunjukkan adanya hubungan yang sangat unik antara Yesus dan Tuhan, yaitu antara Tuhan Anak dan Tuhan Bapa. Namun argumentasi ini sangat lemah karena Roma 8:15 dan Galatia 4:6 menyebutkan bahwa setiap orang kristen dianjurkan memakai istilah Abba jika menyebut Tuhan.

Bukti Yang Lemah
Dalam Yohanes 20:28 disebutkan bahwa Thomas mengatakan, "My Lord and my God" (Tuanku dan Tuhanku). Orang Kristen bersikukuh bahwa Tomas menyebut Yesus dengan sebutan itu. Orang Islam tidak keberatan terhadap istilah lord karena kata tersebut mempunyai arti kata 'tuan'.(3) Sara juga memanggil suaminya dengan sebutan 'tuan' (1 Petrus 3:6). Pendapat yang menyatakan bahwa Tomas menyebut Yesus secara harfiah sebagai 'Tuhan' adalah masalah lain.

Alkitab juga menunjukkan bahwa Yohanes 10:34 mencatat bahwa Yesus menyebut orang lain sebagai Allah, selain itu dalam Mazmur 82:6 sang pengarang menyebut orang lain sebagai Allah. Dalam 1 Korintus pasal 8, Paulus memberikan aturan baru dengan mengatakan bahwa memang ada banyak tuan dan tuhan, namun bagi kita hanya ada satu Tuhan ( theos ) saja yaitu Bapa (pater) ? dan satu tuan ( kurios ) yaitu Yesus Kristus.

Menurut doktrin Trinitas, perbedaan antara Bapa dan Anak adalah esensial. Namun prinsip ini dikaburkan oleh Yohanes 14:9. Disini Yesus berkata kepada Filipus sebagai berikut, "Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa." Pernyataan ini mengandung doktrin yang sulit diterima, yaitu Yesus adalah Bapa. Para penafsir mengatakan bahwa 'Bapa' ( Pater ) adalah sinonim 'Tuhan' ( Theos ). Kita bisa memahami maksud ucapan Yesus sebagai "melihat dia adalah sama dengan melihat Tuhan karena ia adalah Tuhan". Padahal didalam Yohanes 5:37 terdapat pernyataan sebaliknya. Dalam ayat ini, Yesus berkata mengenai Bapa kepada orang banyak, "kamu tidak pernah mendengar suara-Nya, rupa-Nya pun tidak pernah kamu lihat."

Bukti Yang Menyeluruh
Sering diakui bahwa ayat-ayat yang menyangkut individu tidak memadai, tidak meyakinkan, dan tidak dapat digunakan sebagai alasan untuk membenarkan ketuhanan Yesus. Namun demikian, suatu ayat dapat dijadikan alat pembuktian jika ia digabngkan dengan ayat lainnya. Ini sama halnya dengan memperlihatkan kesalahan proses berpikir. Seharusnya, setiap ayat dapat membuktikan kebenaran tentang suatu hal, dan kalu tidak, ayat tersebut harus digugurkan. Kita harus mengetahui dengan tepat, apa yang ditunjukkan oleh sebuah ayat dan mengapa demikian adanya.

Telah dikemukakan bahwa penafsiran Kristen dan keterangan tradisional terhadap kitab suci sungguh tidak masuk akal. Alasan dan kesimpulan tidak ditetapkan secara jelas. Demikian pula, apakah yang dimaksud dengan ?penebusan dosa manusia? masih belum jelas sampai sekarang.

Orang Kristen bersandar pada Yohanes 5:18 sebagai berikut, "karena Ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-nya sendiri dan dengan demikian menyamakan diri-nya dengan Allah." Namun lagi-lagi orang Kristen melewatkan ayat-ayat selanjutnya yang menjelaskan bahwa Yesus menundukkan dirinya dihadapan Tuhan dan menjelaskan posisinya dihadapan Tuhan.

Cukup mengherankan bahwa Gereja Kristen membuat cerita yang membingungkan. Kitab-kitab Yahudi membuat referensi tentang mesias, lalu Gereja mengatakan bahwa mesias itu baru berarti jika ia adalah Tuhan yang mewujud. Ketika Yesus berkata bahwa dirinya adalah mesias, ia dianggap melampaui batas, karena menurut kitab-kitab Yahudi, tidak seorang pun bisa menjadi Tuhan.

Dalam Markus pasal 2, Yesus berkata pada seseorang, "Hai anakku, dosamu sudah diampuni." Beberapa orang ahli Taurat yang hadir disitu merasa kaget dan bertanya-tanya dalam hati, "Siapakah yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah sendiri?" Sementara itu dalam Yohanes 12:49 Yesus menafikkan inisiatif pribadi dengan berkata, "Sebab aku berkata berkata-kata bukan dari diriku sendiri, tetapi Bapa yang mengutus aku, Dia lah yang memerintahkan aku untuk mengatakan apa yang harus aku katakan dan aku sampaikan." Lihat juga Yohanes 8:40 dan Yohanes 14:10.

Penutup
Kita tidak menggunakan Alkitab semata-mata untuk memenuhi keinginan kita. Ayat-ayatnya kita kutip secara jujur dan apa adanya. Maksud kita hanyalah menunjukkan cacat yang terkandung dalam keyakinan Kristen bahwa - Yesus mengklaim dirinya sama dengan Tuhan. - Jika kita mengolah bukti-bukti yang mereka ajukan untuk memperkuat pendirian tersebut, kita akan menemukan betapa bukti-bukti yang diajukan Kristen itu bermutu rendah, lemah, dan hanya tampak luarnya yang bagus.

Kita telah mengutip sejumlah ayat Alkitab yang paling sering digunakan dan menjelaskannya dengan gamblang kepada orang Kristen, namun mereka tidak mau menerimanya. Bahkan seandainya ayat-ayat lain kita ajarkan pula, mereka tetap akan menolak segala argumetasi kita, lalu mengajukan bukti-bukti untuk menguatkan pandangan mereka. Jika orang Kristen membangun alasan atas dasar hal-hal selain sabda Yesus, mereka akan mengulangi apa yang menjadi pokok keberatan kita. Yaitu, mereka - disadari atau tidak - justru menunjukkan bahwa pokok ajaran agama Kristen didasarkan pada apa yang dikatakan orang tentang Yesus, bukan apa kata Yesus.

Sekali lagi kita bertanya kepada orang kristen, Mengapa Yesus harus dipandang sebagai Tuhan?? Kita mempersoalkan mengapa orang Kristen mau mempercayai hal itu.

Orang kristen akan menjawab bahwa Yesus adalah Tuhan karena kematiannya merupakan penebusan bagi dosa-dosa manusia. Dalam pola penyelamatan manusia menurut Kristen, dipercayai bahwa kematian yang suci adalah penting agar umat manusia diselamatkan. Tanyakan kepada mereka, mengapa kematian orang biasa tidak mencukupi ? Orang Kristen akan menjawab karena semua manusia tidak sempurna. Tanyakan mengapa mereka tidak sempurna ? Akan dijawab bahwa orang biasa itu adalah warisan dari ayah kita, sedangkan Yesus tidak memiliki ayah. Dengan pola pemahaman tersebut, Yesus tampil sebagai 'korban suci' yang tidak bercela.

Orang Kristen menambahkan, si penebus haruslah Tuhan agar ia dapat diterima oleh orang-orang yang ditebusnya. Kita bertanya, "Apakah Tuhan mati ?" Mereka akan cepat-cepat menjawab, "Tidak, hanya manusia Yesus yang mati." Yesus dikatakan sebagai manusia Tuhan, dan yang mengalami kematian adalah komponen kemanusiaannya. Dengan demikian, sebenarnya mereka mengakui bahwa kematian manusia itu dapat menebus dosa.

--------------------------------------------------------------------------------

[1] Satu-satunya ayat yang memuat doktrin Trinitas di Bible yakni 1 Yohanes 5:7 sudah direvisi.

1 Yohanes 5:7 - King James Version (KJV)
"For there are three that bear record in heaven, the Father, the Word, and the Holy Ghost: and these three are one."

Bandingkan dengan revisi Bible terakhir dalam Bible English Standard Version (ESV) untuk ayat yang sama 1 Yohanes 5:7
http://www.gnpcb.org/esv/search/?q=1+John+5

[2] Yohanes 3:16 sekarang telah terbukti palsu dan statusnya hanya menjadi catatan kaki dalam revisi Bible terkini. Lihat http://www.gnpcb.org/esv/search/?q=John+3

[3] Yohanes 20:28 interlinear english-greek: "And (kai) Thomas (Thomas) answered (apokrinomai) and (kai) said (epo) unto him (autos), My (mou) Lord (kurios) and My (mou) God (Theos)." Kata ?kurios? dalam bahasa Yunani artinya adalah ?Tuan? dan bukan ?Tuhan?. Jadi ?kurios? lebih tepatnya diterjemahkan ?sir?. Karena ?Sir? artinya adalah ?Tuan?. Sedangkan ?Lord? artinya bisa ?Tuan? bisa pula ?Tuhan?.


Sumber :
"Bibel Menurut Mantan Kristen G. Miller?, Oleh G. Miller, Penerbit Qalam, Cetakan keenam Juli 2001.?

Disadur dari : http://menganalisiskristen.blogspot.com
Category:

21 comments:

roni aji mengatakan...

1. bukti tentang nubuat kelahiran YESUS sudah tertulis di kitab sebelumnya....
2. mujizat mujizat YESUS lebih besar dari nabi sebelumnya
3. hukum dan ajaranya
4. kematianya
5. kebangkitanya dan kenaikanya kesurga disaksikan banyak pasang mata zaman itu.

artikel ini seperti penyanggah ahli kitab taurat dizaman YESUS..
kesaksian kebenaran FIRMAN TUHAN hanya bisa didalami dengan iman.,,sedangkan iblis/syetan akan berusaha untuk menyanggah dan mendakwa kebenaran itu..

Anonim mengatakan...

namanya menjawab ya pasti bisa tapi antara masuk diakal atau tidak secara umum kan itu pokoknya,nilai 100 jawban kresten benar misalnya,tapi inti pokoknya salah berarti 100 persen ya tidak benar,yg saya maksud intinya adalah agama adalah jalan ke Tuhan,dari sudut mana dan apa jelas jelas Yesus adalah manusia,segala kehidupannya dan bahkan kematiannya pun selayaknya manusia dianggap Tuhan,dan salah satu risaahnya tidak merobah ajaran nabi Musa tetapi melanjutkan dan bahkan membenarkan dan yg terpokok lagi Yesus sering berdoa,kepada siapa dia berdoa kalo bukan ke pada Tuhan,dan jelaslah adalah orang yg BINGUNG men Tuhan kan manusia,apa lagi patung/gambarnya yg (mhn maaf Tuhan yg serba maha digantung di kayu salib)bm lagi cara penangkapannya, (Tuhan dioyak oyak dan dikejar kejar lalu ditangkap ber rame rame lalu di BANTE)jelas lah tidak masuk diakal(kecuali orag yg BINGUNG,al BENTO dan TOLOL).Soal jawaban saya percaya pasti bisa,mampu karena semua Agama mengajarkan kebaikan kearipan dsb.)

DY yk mengatakan...

Anak Allah memiliki beberapa rasul dan rasul terakhir/penutup ialah paulus dan muhamad katanya rasul, kesimpulannya yesus pasti tuhan.

daud antares mengatakan...

sekarang bahas dulu dasarnya. siapa isa (Yesus) dan knp disebut Tuhan?1. Bahwa di alquran sendiri membenarkan mukjizat2 Isa putra maryam krn didalamnya terdapat Ruhul Qudus. Artinys Roh Allah. Al Baqarah surah 87.2. Isa faa innahu rohullah wa kalimatuhu, Isa itu sesungguhnya Roh Allah dan Firmannya, Hadis anas bin malikhalaman 72.3. Di alkitab dijelaskan, pada mulanya adalah firman. firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Yoh1:14. Yesus dan Allah adalah satu. Yoh 10:305. Maryam adalah seorang suci dan bukan seorang pezinah (QS.19:20)6. Sebab maryam adalah yang telah dipilih dan disucikan atas dari segala wanita didunia. artinya maryam adl wanita tersuci di dunia. Ali Imron surah 427. Isa al masih putera maryam, yang termasuk orang2 yg didekatkan Allah. Ali Imran 45 dan Isa adl seorang anak laki2 yg suci (QS.19:19).8. Isa lahir dlm kandungan maryam yg belom disentuh oleh seorang laki2. Ali Imran 47.9. Isa lahir dlm kandungan maryam dari Roh Qudus yaitu firman Allah yg menjelma menjadi manusia (Qs.19:17)10. Maria mengandung Yesus dari roh kudus, sebelom mreka (maria&suaminya) hidup sbg seorang suami istri. matius 1:18,matius 1:20, dan matius 1:2511. Di Alkitab dijelaskan maria seorang perawan. Lukas 1:2712. dan Allah mengajarkan isa alkitab, hikmah, taurat, dan injil. Ali imran 4813. Isa diberikan Allah alkitab (Injil). (Qs.19:28)14. Hanya ada satu injil, Galatia 1:6-10. yaitu injil kristus, yg dimana injil kristus adl bagian drinjil matius sampai injil yohanes.keempat injil inilah, merupakan satu kesatuan injil kristus. injil kristus= keempat injil matius sampai yohanes. Dan tdk ada injil lain lagi. selain injil kristus.15. Yesus adl cahaya kemuliaanAllah dan gambar wujud Allah. Ibrani 1:3-416. Isa benar2 mengetahui hari kiamat, maka jgnlah kamu ragu2tentang kiamar itu. ikutlah Aku (Isa), inilah jalan yg lurus. (Qs.43:61)

daud antares mengatakan...

kesimpulannya:di alkuran isa didalamnya terdapat Ruhul Qudus (Ruhullulah). dan intinya dlm alkitab pada no.2 bhw isa merupakan 100% manusia, 100% firman, dan 100% Allah. Isa100% manusia, krn wujudnya sbg recipient atau mahluk hidup dari yg pemberi kehidupan yaitu(manusia). merupakan bejana atau wadah atau cawan utk korban sembelinan dikayu salib, untuk menebus dosa manusia.Isa 100% Firman, krn pd mulanya ia adl firman dari Roh Allah yg menjadi manusia.Isa 100% Allah, krn Ia hakikatnyaadl Allah. Yesus dpt menyebutkan namanya sendiri sbg Tuhan, krn Ia berbicara sbg Tuhan Allah yg akan menebus dosa manusia. Sedangkan Yesus menyebut bahwa Ia Anak,krn Ia adl anak dari Roh Qudus dan bersamaan itu jg adl firman Allah. Yesus dpt menyembah dan menyuruh menyembah kpd Allah, krn Ia berbicara sbg Anak yg akan memuliakan Bapaknya, dan jg krn sbg korban sembelihan di kayu salib.KLIMAKNYA: bahwa satu wadahmemiliki 3 kpribadian yg berlainan atau dpt dikatakan berlawanan. itulah disebut Trinitas.Penekanannya:kalian pasti tdk paham, jelas saja. jgnkan yg berat spt ini, Yesus lahir saja bagi kebanyakan dr kalian. mempersepsikan kelahiran hasil dr perkawinan biologis. Apa lg spt ini . Krn kalian tdk melihat dr keEsaan Allah dr ke-SisianNya. Allah dpt menjadi manusia, ttapi manusia tfk dpt menjadi Allah.Matius 19:26 dikatakan bagi manusia hal ini tdk mungkin, ttapi bagi Allah sgala sesuatu mungkin.knp kalian tdk bisa mengerti dandpt memahami? krn kalian tdk memiliki Roh Qudus (Rohullulah).Apa itu Roh kudus? kata Roh kudus itu sendiri awalnya dr terjemahan bahasa yunani Kuno: Parakletos. yg dr kata ini pun sangat dekat dgn kata periklutos, yang artinya yang terhormat. Didalam bhs Arab, kata periklutos ini dpt diterjemahkan menjadi "Ahmad".Dgn kata lain bahwa parakletos dan periklutos memiliki kedekatan kata, namun berbeda arti. Sebab itu kebanyakan dr ulama - ulama Arab dan di Indonesia jika ditanyakan mengenai apa itu roh kudus. pasti mereka mengatakan dan menganggap bhw halnya Roh Allah atau Roh Illah (Roh Qudus),adl dgn ahmad yg berarti adl Nabi Muhamad itu sendiri sbg Roh Qudus dan Al-Quran sbg bagian dr firmannya. Hal inilah yg merupakan kesalahan mutlakdan harus dpt dipertanggung jawabkab. Sebab ahmad merupakan kata dr periklutos yg dlm bhd Yunani Kunonya adl yg terhormat. Berbeda sekali dr kata : Parakletos yg artinya Roh Illah/Allah/Illahi/­Allahi/Allahu. dgn begitu Muhamad bknlah dr Roh Qudus. Melainkan Muhamad hanyalah sebatas dr yg di tuankan. Dan jauh sekali drRoh Qudus.Apalagi Muhamad sendiri pun tidak tahu mengenai Roh Qudus itu. dikatakan di dlm quran ketika Muhamad ditanyakan tentang Roh Qudus oleh yahudi dan Nasrani ktika itu jg alquran diturunkan (asbabun nuzul) dan berfirman bhw Roh itu urusan Allah. (Qs.17:85)dpt kah muhamad mengatakan bahwa Roh Qudus itu adl dirinya?hal ini menguakkan kisah tersendiri, bhw Muhamad sendiripun tdk memiliki Roh Qudus atau Roh Allah. atau sekecil - kecilnys tdk mengetahui apa itu Roh kudus. sekarang, bgaimana bisa Muhamad mengatakan dan dapat berfirman bhw alquran. Adl dr Allah melalui jibril kpd Muhamad tentang alquran. Sedangkan Ia (Muhamad) sendiri tdk mengerti apa itu Roh Qudus!!!.oleh sebab itulah muhamad tdk mengetahui isa (Yesus) itu adl Tuhan Allah.krn di dlm alkitab berfirman, tdk ada seorang pun yg dpt mengaku Yesus adl Tuhan, selain oleh Roh Qudus. 1Korentus12:3

daud antares mengatakan...

artinya jika tdk memiliki Roh Qudus, iya sampai kapan pun tdk dpt mengerti dan memahamiYesus itu Tuhan. ya buktinya saja, kelahiran yesus disamakandgn kelahiran hasil perkawinan biologis. padahal di quran sendiri sudah dikatakan bhw Isaitu lahir dlm kandungan Maryamdr Roh Qudus yaitu Firman Allah yg menjelma menjadi Manusia. (Qs.19:17).Karena itu bro, klo mau kenal dan ingin tahu Yesus itu tuhan atau tidak, ya harus memiliki Roh Qudus dulu. jgn hanya memakai pikiran manusia saja. apa lg disertai Dengki dan Kebencian.1 hal yg di pertanyakan. emang Tuhan itu kaya matimatika yg ilmu pasti, 1 1=2. jika Tuhanmu dpt dijelaskan dgn ilmu pasti, kasihan sekali Tuhanmu hanya sebatas dr akal manusia. hemmtsaya mau tanya, itu Tuhan hasil dr imajinatif yg berdasarkan logika manusia. atau imajinatif berdasarkan rekayasa?

Sobat Kristen mengatakan...

Debat ketuhanan Yesus, bagus, lucu

- Kenapa Yesus disebut Tuhan, padahal Dia sendiri mengatakan bahwa Dia diutus?
- Kok Tuhan lahir dari manusia?
- Kok Tuhan bisa mati?
- Orang Kristen percaya ada Allah Bapa dan Anak, berarti Tuhannya ada dua donk
- Orang Kristen percaya Allah Bapa, Putra dan Roh Kudus sebagai Tritunggal, ketika Yesus mati jadi Dwitunggal donk.

Narasumber : Bambang Noorsena

https://youtu.be/zqi0htZ3Ciw

daud antares mengatakan...

@sobat kristen. ternyata ada balasan ya.

saya kira sudah selesai.

begini saja, prtanyaan ini sdh tdk terhitung lg brpa kali d'pertanyakan org" non kristen kpd org Kristen & sdh tdk trhitung pula brpa kali d'jwb. bukan cm prtanyaan mcm ini, bnyk jg prtanyaan lain d'lontarkan org" non kristen yg menyatakan Yesus bkn Tuhan. sy bosan dgn prtanyaan" mcm ini,. trutama saya tdk berminat utk membalas dgn cara yg sama. krnn mo d'jelaskan jg yg ada cm brdebat. Capeekkk,, capek ladeni pertanyaan" konyol bgni. Saran sy, mendingan anda baca Alkitab sja dri Kejadian smpe Wahyu, baca dgn penuh fokus,, pasti, pasti & pasi anda akn menemukan jawabanny.. nggk susah kog brother klau kmu benar" ingin tau jawaban dri pertanyaan yg bkin anda bingung itu.. Ok.??

ya saya kasih bocoran dh. alkitab itu seru, bukan sajak sair. bukan diharuskan pemakaian bahasa tertentu. krn alkitab utk semua bangsa dan manusia. itu lah yg seharusnya alkitab lakukan dr dulu. apa lagi cuma bisa bilang asli2 hanya dengan akuan. eh giliran alkitab yg udh turun sekian thn lbh duluan. di bilang sudah dipalsukakan. atas dasar siapa, thn brapa, cetakan brapa, dan ada di mana? satu lg pemalsuan itu termasuk propaganda atau bukan. harus objektif dong. satu lg beda bngd kan klo yg tau tentang alkitab kpribadian Isa (Yesus) dgn (mr.M)

coba klo ngako katanya org paling berlogika, pasti tau kpribadian mana yg mencerminkan yg paling suci. lalu bandingkan diantara para nabi atau rasul2 mana yg tdk ada cacatnya. para nabi/rasul, atau Isa(Yesus).

jgn ambil segenggam pemikiran dan bukti2 yg menguntungkan lalu menyingkirkan sebongkah kesalahan yg memberatkan. itu namanya bukan akademis. tp org sok demis.

Allah itu kudus...dan dia tidak pernah bisa bersatu dengan dosa...ketika Tuhan Yesus..diatas kayu salib.dia menanggung semua dosa umat manusia mulai dari masa lalu hingga masa depan...saat itu roh Allah yg ada padanya..meninggalkanNya itu lah mengapa Tuhan Yesus berkata demikian...laluDia mati.dan turun keneraka...dan menghancurkan iblis disana dan mengambil kunci kerajaan maut...ada videonya oya pesan dwi tunggal pada saat apa? pada saat Yesus mati kan? justru di situ anda salah. orang kristen menganggap yesus tritunggal setelah yesus terangkat kesurga. ke tiga pribadi ini tak bisa dipungkiri. lg klo org kristen tdk menganggap kebangkitan yesus. maka sia sia lah Yesus disalibkan.

oya 1 lg. apa anda tdk mudeng. knp yesus di lahirkan jd manusia.
kan menandakan anda hanya berdasarkan. copas. pesan saya. baca tuh alkitab dr awal ampe akhir sertakan doa kepercayaan saudara. minta hidayah mana yg lebih bener. jgn cuma baca sekilas, atau petik2an saja, apa lg cuma kata orang lebih parah lagi copas.

ywd salam kasih saudaraku.
Tuhan memberkati

baim mrb mengatakan...

yang jelas yesus bukan lah tuhan
melainkan hanya seorang utusan , al-kitab membenar akn hal itu
terkecuali orang yg sesat saja yg suah di pengaruhi akal busuk paulus

tuhan ga pernah di lahirkan ,
klo tuhan di lahir kan ,berarti zizi dong ,
tuhan tidak gondrong atau pun botak ,

tuhan yg menciptakan manusia ,dan ga mungkin tuhan keuar dari manusia ,,

issa putra maryam """

tuahan ga punya ibu atau pun bapa ,
dia tunggal dan esa,
sedang kan yesus dilahir bkan oleh maryam ,ibu yesus
berarti yesusu bukan lah tuhan ,,,

baim mrb mengatakan...

yang jelas yesus bukan lah tuhan
melainkan hanya seorang utusan , al-kitab membenar akn hal itu
terkecuali orang yg sesat saja yg suah di pengaruhi akal busuk paulus

tuhan ga pernah di lahirkan ,
klo tuhan di lahir kan ,berarti zizi dong ,
tuhan tidak gondrong atau pun botak ,

tuhan yg menciptakan manusia ,dan ga mungkin tuhan keuar dari manusia ,,

issa putra maryam """

tuahan ga punya ibu atau pun bapa ,
dia tunggal dan esa,
sedang kan yesus dilahir bkan oleh maryam ,ibu yesus
berarti yesusu bukan lah tuhan ,,,

daud antares mengatakan...

hhahhahha...

pengertian anda dangkal sekali.
ketawa saya, inilah disebut ngejas sepihak. ini juga yg menandakan bahwa kalian menang sendiri.

apakah ada ayat mengatakan pokoknya bgini? pokoknya bgono? pokoknya bgitu? dgn jasmen yg sepihak. hhahha.
sekalipun ada ya itulah dikalian karna tdk diberikan pengertian mendidik, kalian hanya diberikan pengancaman. pengertian egoisme. mangkanya banyak antar muslim saling tegang ditimur tengah.

soal jawaban dari soal anda, anda lihat dulu di komenan awal saya. trus renungkan. lalu baru komen. jgn komen dulu, klo salah ntar malu lg. hhahha.

#menandakan hanya dgn mengandalkan emosi saja. ketawa ane

daud antares mengatakan...

אל גלטים 5:22-23 )MHB( ופרי הרוח אהבה שמחה ושלום ארך רוח ונדיבות וחסד ואמונה׃וענוה ופרישות אין תורה לנגד עשי אלה׃

misteri ghaib mengatakan...

Bacaan dasar: http://siapaisa.blogspot.co.id/

Priyono Darmanto mengatakan...

Brarti sebelum nabi isa lahir, siapa yg menciptakan alam semesta ini hayo

njlajahweb mengatakan...

syalom

njlajahweb mengatakan...

SekilasInfo Qs40:73 kemudian dikatakan kepada mereka: "Manakah berhala-berhala yang selalu kamu persekutukan,
74 (yang kamu sembah) selain Allah?" Mereka menjawab: "Mereka telah hilang lenyap dari kami, bahkan kami dahulu tiada pernah menyembah sesuatu". Seperti demikianlah Allah menyesatkan orang-orang kafir. 75 Yang demikian itu disebabkan karena kamu bersuka ria di muka bumi dengan tidak benar dan karena kamu selalu bersuka ria (dalam kemaksiatan). 76 (Dikatakan kepada mereka): "Masuklah kamu ke pintu-pintu neraka Jahannam, sedang kamu kekal di dalamnya. Maka itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang sombong".
Qs13:5 Dan jika (ada sesuatu) yang kamu herankan, maka yang patut mengherankan adalah ucapan mereka: "Apabila kami telah menjadi tanah, apakah kami sesungguhnya akan (dikembalikan) menjadi makhluk yang baru?" Orang-orang itulah yang kafir kepada Tuhannya; dan orang-orang itulah (yang dilekatkan) belenggu di lehernya; mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.
Qs9:68 Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka, dan Allah melaknati mereka, dan bagi mereka azab yang kekal.
Qs5:9(5:8) Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Qs5:3(5:2) Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi’ar-syi’ar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang-binatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari kurnia dan keridhaan dari Tuhannya dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlah berburu. Dan janganlah sekali-kali kebencian( mu) kepada sesuatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat aniaya (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.
Qs10:27 Dan orang-orang yang mengerjakan kejahatan (mendapat) balasan yang setimpal dan mereka ditutupi kehinaan. Tidak ada bagi mereka seorang pelindungpun dari (azab) Allah, seakan-akan muka mereka ditutupi dengan kepingan-kepingan malam yang gelap gelita. Mereka itulah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.
Qs2:62 Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.
Qs23:101 Apabila sangkakala ditiup maka tidaklah ada lagi pertalian nasab di antara mereka pada hari itu, dan tidak ada pula mereka saling bertanya. 102 Barangsiapa yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka mereka itulah orang-orang yang dapat keberuntungan. 103 Dan barangsiapa yang ringan timbangannya, maka mereka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, mereka kekal di dalam neraka Jahannam.

njlajahweb mengatakan...

(Sekilas infoku) Saat kapanpun KeilahianYesusKristus juga RohKudus bisa disebut Allah, (hanya jika berdasarkan KualitasKeilahian)
Demikian juga saat kapanpun Yesus juga RohKudus bisa disebut Utusan, (hanya jika berdasarkan “selain” dalam hal KualitasKeilahian.
14:13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
14:14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."
+++
16:26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa,
16:27 sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah.
(Sebutan Tuhan sebenarnya tidak ditujukan pada Manusia Yesus, tapi pada KualitasAllah yang terkandung dalam KeilahianYesus)
---
5:3 Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?
5:4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah."
+++
13:2 Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: "Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka."
===
Qs 11:37 Dan buatlah bahtera itu dengan pengawasan dan petunjuk wahyu Kami, dan janganlah kamu bicarakan dengan Aku tentang orang-orang yang zalim itu; sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan.
Qs 21:29 Dan barangsiapa di antara mereka, mengatakan: "Sesungguhnya Aku adalah tuhan selain daripada Allah," maka orang itu Kami beri balasan dengan Jahannam, demikian Kami memberikan pembalasan kepada orang-orang zalim
Qs 29:8 Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.
Qs 70:40 Maka Aku bersumpah dengan Tuhan Yang memiliki timur dan barat, sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa.
---
3:22 Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya."

njlajahweb mengatakan...

28:17 Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.
28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.
---
5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!"
5:14 Dan keempat makhluk itu berkata: "Amin". Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah.
***
21:14 Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu.
---
8:2 Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku."
8:3 Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: "Aku mau, jadilah engkau tahir." Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya.
---
9:18 Sementara Yesus berbicara demikian kepada mereka, datanglah seorang kepala rumah ibadat, lalu menyembah Dia dan berkata: "Anakku perempuan baru saja meninggal, tetapi datanglah dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, maka ia akan hidup."
9:19 Lalu Yesus pun bangunlah dan mengikuti orang itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya.
---
28:5 Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: "Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu.
28:6 Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring.
28:7 Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu."
28:8 Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus.
28:9 Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: "Salam bagimu." Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya.
28:10 Maka kata Yesus kepada mereka: "Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku."
---
1:17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,
1:18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.
1:19 Karena itu tuliskanlah apa yang telah kaulihat, baik yang terjadi sekarang maupun yang akan terjadi sesudah ini.
---
1:6 dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, -- bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.
1:7 Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.
1:8 "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

njlajahweb mengatakan...

>>> SEKILAS INFO

Matius 1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

>>> Wahyu 2:18-23 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Tiatira: Inilah firman Anak Allah, yang mata-Nya bagaikan nyala api dan kaki-Nya bagaikan tembaga:Aku tahu segala pekerjaanmu: baik kasihmu maupun imanmu, baik pelayananmu maupun ketekunanmu. Aku tahu, bahwa pekerjaanmu yang terakhir lebih banyak dari pada yang pertama.Tetapi Aku mencela engkau, karena engkau membiarkan wanita Izebel, yang menyebut dirinya nabiah, mengajar dan menyesatkan hamba-hamba-Ku supaya berbuat zinah dan makan persembahan-persembahan berhala.Dan Aku telah memberikan dia waktu untuk bertobat, tetapi ia tidak mau bertobat dari zinahnya.Lihatlah, Aku akan melemparkan dia ke atas ranjang orang sakit dan mereka yang berbuat zinah dengan dia akan Kulemparkan ke dalam kesukaran besar, jika mereka tidak bertobat dari perbuatan-perbuatan perempuan itu. Dan anak-anaknya akan Kumatikan dan semua jemaat akan mengetahui, bahwa Akulah yang menguji batin dan hati orang, dan bahwa Aku akan membalaskan kepada kamu setiap orang menurut perbuatannya.

>>> Sekilas info renungan bagi semua umat silahkan kunjungi link dibawah ini dan klik pada komentarnya >>> https://njlajahweb.blogspot.co.id/2015/02/pertama-tama-saya-mohon-maaf-yang.html#comment-form

>>> http://www.laskarislam.com/t10322-lagu-rohani-kristen-bisa-mengisi-kekosongan-hati?highlight=kekosongan

>>> Sekilas info *kutipan dari >>> http://www.laskarislam.com/t10479-sekilas-infoku#200358

>>> iman yang suci adalah ketika hati kita tetap percaya bahwa Tuhan tidak pernah sedetikpun berniat jahat, sekalipun Dia sedang menghantam kita, saat kita sedang salah atau benar.

dan iman yang paling suci adalah ketika hati kita tetap percaya bahwa "tidak mungkin Tuhan berniat jahat, sedetik pun tidak", sekalipun DIA mendatangkan badai hidup yang terburuk dalam hidup kita, walaupun kita dalam posisi yang benar.

>>> ( inilah iman rajawali, yang tidak akan pernah bisa dihancurkan oleh iblis. ) >>> hanya iman jenis ini, yang paling ditakuti oleh iblis.

njlajahweb mengatakan...

SEKILAS INFO

Yesus Kristus menebus dari dosa kutuk hukum taurat (Gal 3:13), bagi semua manusia didunia (I Yoh 2:2), baik terhadap Kristen juga terhadap non Kristen (walaupun non Kristen tidak berpindah agama ke agama Kristen)

>>> Namun Yesus Kristus tidak menebus dosa perbuatan manusia dalam seumur hidup mereka baik terhadap Kristen maupun non Kristen.

>>> Mat 13:40 Maka seperti lalang itu dikumpulkan dan dibakar dalam api, demikian juga pada akhir zaman. 13:41 Anak Manusia akan menyuruh malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan mengumpulkan segala sesuatu yang menyesatkan dan semua orang yang melakukan kejahatan dari dalam Kerajaan-Nya. 13:42 Semuanya akan dicampakkan ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.

NB 1: Penebusan Yesus Kristus telah disediakan bagi seluruh manusia didunia bagi Kristen dan non Kristen, tapi belum diberikan.

>>> Namun hanya diberikan,

ketika mereka ( Kristen & non Kristen ),
bisa mempertanggungjawabkan perbuatan mereka, pada Hari Penghakiman nanti, yaitu ketika timbangan kebaikan mereka ( dalam total seumur hidup mereka ) lebih berat timbanganya dari pada timbangan total dosa / keburukan mereka dalam seumur hidup mereka, dihadapan Tuhan.

>>> Maka pada saat itulah Yesus Kristus menghapus total timbangan dosa / keburukan mereka yang lebih ringan timbanganya, sehingga mereka bisa langsung masuk surga, tanpa harus mencicipi siksa neraka dulu. Pada saat inilah Kuasa Penebusan Yesus Kristus difungsikan, jika hati non Kristen percaya bahwa Yesus Kristus mampu menebus /menghapus kutuk hukum taurat.

>>> (ajal itu tak pandang bulu, apakah orang kesayangan atau tidak, apakah dalam kandungan atau tidak, apakah masih kecil atau besar, apakah masih muda atau tua, apakah masih sehat atau tidak, ajal bisa menjemput kapan saja, bisa hari ini, bisa hari esok ajal menjemput, bisa tanpa diduga, bisa juga tanpa permisi)

BELAJAR BAHASA mengatakan...

Perdebatan tentang pemahaman keagamaan menunjukan kuatnya kepercayaan dari setiap pihak akan agamanya sendiri

Posting Komentar