7 kebiasaan Kaum Muda yang Sangat Tidak Efektif

taburkanlah fikiran mu, maka kamu akan menuai perbuatan
taburkanlah suatu perbuatan maka kamu akan menuai kebiasaan
taburkanlah suatu kebiasaan maka kamu akan menuai karakter
taburkanlah suatu karakter maka kamu akan menuai takdir


Sahabat, mula-mula kita membentuk kebiasaan kita  lama kelamaan  kebiasaan kita yang membentuk kita. Sebenarnya kalau kita ingin bertanya pada diri kita apa sebenaranya dan bagaimana nanti masa depan kita  caranya adalah sangat sederhana lihatlah apa yang kita lakukan hari ini. Kita boleh saja saat ini menjadikan beban dalam hidup tanggung jawab yang kita pikul saat ini. Dan kadang-kadang kita merasa jenuh dengan keadaan seperti ini  sadarilah dalam dirimu dan mungkin anda akan membayangkannya dalam diri, akan seperti apa masa depan kita nantinya maka untuk kita sadari ada banyak kebiasaan yng harus kita hindari yaitu :

1.    Bersikap reaktif
Silakan salahkan masalahmu pada orang lain untuk kamu jadikan kambing hitam lingkungan yang  membosankan, temanmu, pemerintah atau apalah atau siapalah, tidak usah bertanggung jawab atas hidupmu sendiri. bersikaplah masa bodoh dengan keadaan  kalau lapar,  kalau seorang membentakmu, balaslah dengan bentakan kalau ingin melakukan sesuatu yang kamu keliru.

2.    Tidak usah punya tujuan akhir .
Tidak usah punya rencana sebisa mungkin hindari sasaran-sasaran dan tidak pernah pikirkan hari esok. Untuk apa memikirkan ganjaran-ganjaran dari perbuatanmu, hiduplah untuk saat ini, tidurlah sesukamu, sia-siakan waktumu karena besok juga kita akan mati, silakan berbuat sesukamu.

3.    Lupakan yang utama.
Apapun yang penting dalam hidupmu, tidak usah kamu kerjakan sampai kamu puas, nontonlah sesukamu , ngobrol tiada habis-habisnya di telepon, lihat-lihat internet dan mejeng, tundalah tugasmu sampai besok. Kerjakan yang tidak penting dulu ketimbang yang penting.

4.    Usahakanlah untuk selalu menang pandangan hidup ini sebagai persaingan yang kejam.
Teman sekelasmu ingin mengalahkan, maka sebaiknya kamu kalahkan dia. Jangan biarkan siapapun sukses dalam apapun, karena ingatlah kalau mereka menang kamu yang kalah, tapi kalau kelihatan kamu akan kalah , sikutlah temammu itu.

5.    Usahakan untuk biasa bicara dulu lalu pura-pura untuk mendengarkan .
Kamukan dilahirkan dengan mulut, jadi pastikanlah kamu banyak bicara, ungkapkanlah pandanganmu dulu, begitu kamu yakin semua orang mengerti pandanganu, berpura-puralah mendengarkan dan menganguk-angukan. Dan menjawab ya..ya. Atau kalau kamu ingin sungguh mendengar pandangan mereka bilang saja.

6.    Jangan bekerja sama.
Hadapilah kenyataan, orang lain itu anehkan karena mereka berbeda denganmu untuk apa berusaha akur dengan mereka? Kerjasamakan hanya berlaku untuk semut. Karena kamu yang selalu punya gagasan yang baik, lebih baik mengerjakan segalanya sendirian ibarat pulau.

7.    Mati-matianlah walaupun kamu kelelahan. 
Sibukanlah dirimu sedemikian rupa sehingga tidak pernah meluangkan waktu untuk memperbaharui atau memperbaiki dirimu. Tidak usah belajar sesuatu yang baru. Hindarilah olahraga seperti penyakit. Dan demi sorga jauhkan dirimu dari buku-buku yang baik, dari alam ataupun dari apapun yang memberikan anspirasi kepadamu.

Oleh : Anistia Solihat (ManajemenQolbu.Com-Muslimah)

0 comments:

Posting Komentar